Polda Sumut Pastikan Tidak Ada Penyekatan Saat Mudik Lebaran 2022

Medan, Ogenews.com

Polda Sumut memastikan tidak ada penyekatan saat mudik lebaran tahun ini. Hal ini ditegaskan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2022 di Lanud Soewondo TNI AU, Jumat (22/4/2022).

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memastikan pihaknya tidak melakukan penyekatan di perbatasan provinsi maupun kabupaten/kota saat masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran.

“Tadi amanat Kapolri yang dibacakan Gubsu mengatakan kalau Polri tidak melakukan penyekatan, begitu juga kita petugas pengamanan tidak lakukan penyekatan perjalanan,” sebut Kapoldasu didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Kapolda Sumut juga menjelaskan, apel gelar pasukan ini digelar dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2022 untuk keselamatan dan kemanusiaan serta mengamankan warga saat Idul Fitri dengan melibatkan seluruh stekholder.

Baca juga:  Kapolresta Deli Serdang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2022

Ia mengaku, sebanyak 10.376 personel gabungan yang akan disebar ke 149 titik yang ada di Sumut untuk mengantisipasi 389 titik-titik rawan termasuk jalur darat dan laut, tempat keramaian, tempat ibadah, tempat wisata dan sebagainya.

Dikatakannya, pihaknya mendirikan 146 Pos Pengamanan (Pos Pam) yang ditempati personel gabungan Polri, TNI dan lintas sektoral lainnya. Dimana, personel gabungan itu akan melakukan pengecekan kesehatan terhadap masyarakat.

“Tetapi kita memastikan masyarakat dalam keadaan sehat. Silahkan mudik tidak usah takut tetapi patuhi protokol kesehatan. Yang paling utama sebagai syarat mudik adalah sudah vaksinasi booster atau sudah vaksin ketiga,” katanya.

Willyam Pasaribu