Polda Sumut Pantau Penyakit Hewan Ternak

MEDAN-OGENews.com- Satgas Pangan Polda Sumut ‘memantau’ distribusi dan penanganan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.
“Polda Sumut akan mengecek tempat-tempat peternakan untuk memastikan hewan ternak yang nantinya dikonsumsi masyarakat dalam keadaan sehat,”kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi usai Shalat Juma’t di Polda Sumut, Jumat (13/5).

Hal itu, sambung Hadi, dilakukan sebagai tindak lanjut dari instruksi Kapolri kepada seluruh jajaran Polda, termasuk Polda Sumut, meskipun hingga pada saat ini, Polda Sumut belum menemukan adanya penyakit hewan.

“Memang belum ada, tetapi, kita akan terus memantau dan mengawasinya,”ujarnya.
Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram (ST) Nomor: STR/395/OPS/2022 tertanggal 11 Mei 2022 kepada seluruh jajaran Polda yang berisi arahan dalam rangka darurat penanganan penyakit PMK Hewan ternak ruminansia.

Baca juga:  PSMS Boyong 20 Pemain ke Markas PSPS

Dalam surat telegram tersebut, jajaran kepolisian diminta untuk berkoordinasi dengan dinas peternakan terkait dengan pendataan penyebaran PMK dan upaya mencegah masuknya Hewan ruminansia dari daerah yang dinyatakan wabah PMK sehingga dapat diminimalisasi penyebarannya.Akbar