Walikota Medan Bobby Nasution Nitip Doa Pada Jamaah Calhaj

Walikota Medan, Bobby Nasution Saat Menepung Tawari Calhaj dari Medan

MEDAN-OGENews.com- Wali Kota Medan, Bobby Nasution menepungtawari 1077 calon haji (Calhaj) Kota Medan, di Gedung Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU), Senin (23/5).

Pada kesempatan itu, Bobby Nasution mengharapkan doa yang tulus dari para calon haji agar Medan menjadi kota yang berkah.

“Kami titip Doa di Tanah Suci nanti, supaya Medan menjadi kota yang berkah, dan yang kami lakukan menambahkan kebaikan bagi Negara, Kota, dan Agama,”kata Bobby Nasution pada acara silaturahmi halal bi halal dan pemberangkatan Jamaah calon haji Kota Medan 1443 H itu.

Pada acara yang dihadiri unsur Forkopimda, Rektor UINSU Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman, Wakil Ketua DPRD Medan Rajudin Sagala, tokoh Agama, segenap pimpinan OPD dan calhaj se-Kota Medan itu, Bobby Nasution meminta seluruh calhaj menjaga kesehatan agar baik melaksanakan ibadah haji.

Baca juga:  Unit I Satres Narkoba Polres Binjai Berhasil Meringkus Transaksi Narkotika Jenis Sabu

“Jaga kesehatan agar menunaikan ibadah haji ini dengan baik, lancar dan pulang sebagai haji yang mabrur,”ungkap Bobby Nasution yang saat itu juga memberikan cendera mata kepada calhaj.
Tahun ini, sambung dia, merupakan tahun pertama pelaksanaan ibadah haji setelah tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, dan terjadinya pengurangan kuota jamaah haji. Kuota untuk Sumut sebanyak 3.000, sebanyak 1.077 berasal dari Medan.

Kendati demikian, kerajaan Arab Saudi telah mengizinkan pelaksanaan ibadah haji, dengan berbagai persyaratan terkait kesehatan yang harus dipenuhi.

“Di antaranya adalah seluruh jamaah harus sudah melakukan vaksinasi secara lengkap. Selain itu, maksimal tiga hari sebelum keberangkatan, calhaj sudah harus melakukan PCR,”ungkapnya.
Saat memberikan sambutan, Bobby juga meminta Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman naik ke panggung. Bukan hanya mendampinginya, Bobby juga meminta agar Aulia Rachman berbicara di hadapan para calhaj tersebut.

Baca juga:  Bhabinkantibmas Problem Solving bersama Tiga Pilar di kel. Kahean

Aulia Rachman pun berbicara dengan kembali menekankan agar calhaj menjaga kesehatan dan mendoakan Kota Medan agar berkah.

“Selain itu doakan pula agar Allah memudahkan Wali Kota untuk mengubah Kota ini menjadi lebih baik lagi,”harapnya.

Pada acara yang diisi oleh Prof. Dr. H. Syahrin Harahap itu, Forum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) juga menyelempangkan sorban kepada Bobby Nasution dan Aulia Rachman. Penyelempangan sorban ini merupakan ungkapan terima kasih atas perhatian Pemko Medan terhadap pelaksaan dan calon jamaah haji kota ini.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap dalam ceramahnya mengatakan, makna hakiki dari mabrur itu adalah bermanfaat bagi orang lain. Artinya, sepulang dari menunaikan ibadah haji, jamaah menjadi insan yang bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga:  Irjend Pol Eko Budi Sampurno: Perkuat Kesamaan Persepsi Untuk Membangun Internal

Dia pun menyebutkan ada empat ciri dari haji yang mabrur. Keempatnya, adalah baik, pemurah, alim, dan mengayomi.(Red/Mel)