Ahli Giji IPB: Minyak Goreng Yang Berkualitas Itu Berwarna Keemasan 

JAKARTA–OGENews.com-Ahli gizi dari Universitas Pertanian Bogor (IPB) Prof Sri Anna Marliyati menyebut, minyak goreng berkualitas memiliki warna keemasan dan jernih.

“Ada tiga hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih minyak goreng,”kata Sri Anna, sebagaimana dikutip dari kanal Youtube IPB TV, Sabtu (18/6/2022).

Sebagai Negara penghasil dan pengekspor minyak kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak produk dan merek minyak goreng kemasan yang justru membuat konsumen itu sendiri bingung dalam memilih, antara yang baik dengan yang berkualitas, begitupun dengan harganya, juga sangat beragam.

Yang pasti, kemasan mahal belum tentu isinya minyak goreng yang berkualitas. Lantas, bagaimana cara memilih minyak goreng yang berkualitas?

Baca juga:  Polresta Deli Serdang Bersama TNI dan Pemkab Deli Serdang Laksanakan Apel Gelar Pasukan Penanganan Premanisme Dan Geng Motor

“Dalam memilih minyak goreng berkualitas, kita harus perhatikan warna minyak goreng dalam kemasan itu. Minyak goreng yang baik biasanya berwarna kuning keemasan dan jernih,”ujarnya.

Sebab, sambung dia, warna kuning keemasan itu merupakan indikator kandungan beta carotene (pro vitamin A) alami yang baik di dalam minyak goreng sawit. Kemudian komposisi kandungan gizi yang tercantum di dalam label kemasan.

“Sekarang sudah banyak minyak goreng sawit yang ditambahkan fortifikasi Vitamin A sintesis,”terangnya.

Fortifikasi ini, tambah dia, bertujuan untuk memperkaya kandungan vitamin A. Kemudian, dalam penyaringan proses produksi minyak goreng kelapa sawit bertujuan agar minyak tidak nampak keruh dan mudah mengendap. Penyaringan ini bertujuan untuk mengurangi kandungan lemak jenuh pada minyak goreng. Terlalu banyak kandungan lemak jenuh tidak baik bagi tubuh, karena dapat memicu timbulnya berbagai penyakit.

Baca juga:  Polrestabes Medan Temukan Sabu Bentuk Pil

“Perlu diperhatikan juga, penggunaan minyak goreng yang berkali-kali hingga minyak goreng berwarna keruh tidaklah disarankan karena kemungkinan sudah mengandung senyawa yang bersifat karsinogenik yang dapat memicu sel kanker dalam tubuh,”ungkapnya.

Kunci Mas adalah produk minyak goreng produksi Sinar Mas Agribusiness and Food salah satu produsen minyak goreng terbesar di Indonesia. Yang istimewa dari Kunci Mas, di antara berbagai merek minyak goreng sawit yang beredar di pasaran saat ini, hanya ada satu minyak goreng sawit dengan proses 3X penyaringan. Kunci Mas merupakan minyak goreng bermutu tinggi yang memang diformulasikan khusus untuk membuat hidangan gorengan lebih sempurna.

“Kunci Mas memang kuncinya menggoreng, sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga terutama yang sering menyajikan menu yang digoreng untuk keluarga,”kata Merliana, Head of Marketing Sinarmas Consumer Product.

Baca juga:  IPTU Jalizar Ingatkan Bahaya Narkoba, Seks Bebas Dan Faham Radikal

Sebagai minyak goreng berkualitas premium yang menyasar pada kalangan menengah atas, Kunci Mas tersedia dalam 3 model kemasan, yakni kemasan plastik (pouch), botol dan jerigen 5 liter.Mel