Warga Curiga Proyek Drainase di Delitua Dimark Up

MEDAN-OGENews.com-Warga Desa Mekar Sari, Kecamatan Patumbak curiga, pembangunan Drainase sepanjang 60 meter di Dusun III, Jalan Banteng Ujung, Desa Mekar Sari, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, di Murk Up.

“Antara hasil dengan besaran anggaran itu sepertinya tidak sesuai. Begitupun, semoga saja kecurigaan kami ini salah. Sebab, jika dihitung, besaran anggaran dengan obyek yang dibangun itu sepertinya jauh dari kata sesuai,”kata salah satu warga yang enggan disebut namanya kepada ogenews.com, Jumat (24/6/2022).

Menurut warga itu, jika panjang drainase 60 meter, lebar 1 meter dan tinggi 50 centi meter (cm), maka total anggaran yang digunakan itu berkisar Rp 60 juta.

“Nah, jika ditelaah lebih spesifik lagi, perbandingan semen dengan pasir, lalu jenis material yang digunakan, misalnya batu bata, cor atau menggunakan batu koral, sebab itu menyangkut kualitas daya tahan bangunan. Spesifikasi dari pemerintah bagaimana sebenarnya? Karena kami sebagai warga biasa tidak tau data sebenarnya, dan yang dilakukan ini saya kira sangat jauh dari kata kebenaran. Kita harus jujur dan terbuka soal ini,”ujarnya.

Baca juga:  Kapolresta Deli Serdang Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polri Dan ASN Polresta Deli Serdang

Meski begitu, sambung warga itu, untuk menjauhkan pemikiran dari kata soudzon, Pemerintah Deliserdang segera melakukan pemeriksaan. “Yang namanya warga biasa, kami hanya bisa menduga-duga. Keberan itu ada pada inspektorat atau pemerintah yang melakukan pengawasan. Supaya tidak jadi bola liar mestinya diungkaplah ke publik,”ungkapnya.

Apalagi, masih kata warga itu, sumber anggaran yang digunakan untuk pembangunan itu berasal dari dana Desa. “Sumber anggarannya kan dari dana Desa, setahu saya setiap proyek pemerintah itu ada plank proyeknya. Di plank itu harus tertera, sumber anggaran, nilai anggaran dan yang mengerjakan proyek, tetapi ditempat ini sepertinya tidak ada,”sebutnya.

Sementara itu, Sekertaris Camat (Sekcam) Delitua Sandi sihombing ketika dikonfirmasi mengaku belum mengetahuinya dan berjanji akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Baca juga:  Polsek Delitua Ringkus Dua Pria Residivis Kasus Curanmor

“Saya baru tau ini proyeknya, besok saya chek dulu ya, terimakasih infonya,”pungkasnya.Akbar