Tanpa Ampunan Mantan Dirut PD-PAUS Dituntut 7 Tahun Penjara

Sidang korupsi beragendakan tuntutan dengan terdakwa mantan Dirut PD PAUS Siantar di Pengadilan Tipikor Medan.

MEDAN-OGENews.com-Terbuki korupsi senilai Rp1,3 miliar, mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS) Kota Siantar, Herowin Tumpal Fernando Sinaga, dituntut 7 tahun dan 6 bulan penjara.

“Meminta, agar majelis hakim menjatuhkan terdakwa dengan pidana penjara selama 7 tahun dan 6 bulan serta denda Rp200 juta dengan subsider 3 bulan kurungan,”kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Andre Dharma di Ruang Cakra 9, Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (4/7/2022)

Selain itu, JPU juga meminta agar hakim menjatuhkan hukuman tambahan kepada terdakwa berupa, membayar Uang Pengganti (UP) senilai Rp 522,96 juta dengan ketentuan apabila dalam satu bulan tidak dapat dibayar, maka harta bendanya (terdakwa) disita untuk Negara dan jika tidak mencukupi, akan diganti dengan pidana penjara 4 tahun.

Baca juga:  Biadap, Ayah Kandung Cabuli Anak Di Deli Serdang Dipukuli Massa

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,”tegas Jaksa.

Sementara dalam pertimbangan Jaksa, hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi, terdakwa pernah dihukum dalam kasus korupsi.

“Hal yang meringankan, tidak ditemukan,” ucap jaksa.

Setelah mendengarkan keterangan Jaksa, majelis hakim yang diketuai Yusafrihardi Girsang, menunda persidangan hingga pekan mendatang dengan agenda selanjutnya.

Diketahui bahwa dalam fakta persidangan terdakwa memaksa para pegawai untuk meminjam uang dengan iming-iming uang tersebut akan dibayar PD PAUS. Namun, pinjaman tersebut macet dan menimbulkan kerugian Negara senilai Rp1,3 miliar. Bun