Wagubsu: Masyarakat Masih Lebih Percaya Pada Rentenir 

MEDAN-OGENews.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyebut, banyak masyarakat lebih percaya kepada rentenir ketimbang perbankan.

“Masyarakat kita ini masih banyak yang belum kenal dengan perbankan. Terutama yang di daerah, atau yang di sekitar-sekitar Medan juga. Mereka masih lebih percaya rentenir. Karena administrasinya gampang. Tapi mereka tidak sadar bunganya besar,”kata Musa Rajekshah, saat menerima Wakil Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri Alexandra Askandar di Rumah Dinas Wakil Gubernur Sumut, Jalan Teuku Daud Medan, Rabu (13/7/2022).

Pada kesempatan itu, Wagub meminta agar Bank Mandiri membantu mempermudah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk masyarakat Sumut, khususnya yang berada di daerah.

Selain mempermudah penyaluran KUR, Wagub juga meminta Bank Mandiri mengedukasi masyarakat, meningkatkan fasilitas pelayanan dan lainnya. Namun, Wagubsu juga mengapresiasi Bank Mandiri yang sudah melakukan digitalisasi perbankan lewat Smart Branch.

Baca juga:  KTT G20 Berjalan Lancar, Polri Ucapkan Terima Kasih

“Ini sangat bagus. Perkemangan teknologi ini memang ada plus minusnya. Jadi bisa mengedukasi masyarakat di Daerah untuk membiasakan diri dengan digital. Mau tak mau kita jadi terbiasa,”ujarnya sambil mengapresiasi Bank Mandiri yang sudah bekerja sama dengan Bank Sumut.

Sementara itu, Wakil Dirut Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan, saat ini Bank Mandiri telah melaunching 238 Smart Branch yang tersebar di seluruh Wilayah Indonesia. Dengan Smart Branch tersebut, proses kebutuhan finansial Nasabah di Kantor Cabang menjadi lebih cepat, praktis, dan handal.

Langkah ini sebagai upaya untuk mendorong literasi keuangan digital di Tanah Air, dengan mendigitalisasikan Bank Mandiri. “Terima kasih Pak Wagub telah menerima kami. Sebelum Smart Branch ini, kita juga ada Livin dan Kopra,”katanya.

Baca juga:  Tim Gabungan Ditreskrimum Polda Sumatera Utara dan Satreskrim Polres Tanjungbalai Ungkap Motif Pembunuhan yang Mayatnya Dibakar di Teluk Nibung

Untuk KUR Bank Mandiri di Sumut, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan bahwa penyaluran KUR Bank Mandiri di Sumut dari tahun 2015 sampai tahun 2022 senilai Rp5,7 triliun.

“Untuk penyaluran di tahun 2022 ini sampai dengan Juni 2022 senilai Rp1,1 triliun. Kemungkinan tahun depan target kita ditambah, dan bunga KUR di Mandiri juga 6%,”pungkasnya.(Diskominfo Sumut/Bun)