Gubsu: Kita Tunjukkan Sumut Bermartabat

MEDAN-OGEnews.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Ops Toba Women 20 (W20) Tahun 2022 di Lapangan Benteng, Medan, Jumat (15/7/2022).

Sebanyak 775 personel gabungan TNI, Polri dan unsur lain disiapkan untuk pengamanan W20 yang diselenggarakan di Parapat, Simalungun, 18-20 Juli 2022.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi meminta seluruh pasukan yang bertugas untuk melaksanakan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya. Sebab akan ada delegasi-delegasi dari berbagai Negara yang akan hadir pada perhelatan W20 di Danau Toba.

“Seluruh tim, baik tim pengamanan maupun tim yang berurusan langsung dengan protokoler saya minta lakukan secara profesional dan proporsional, jadilah kita tuan rumah yang baik, kita tunjukkan Sumut yang bermartabat,” kata Edy.

Baca juga:  Kapolresta Deli Serdang Hadiri Coffe Morning Bersama Forkopincam Kecamatan Batang Kuis

Keberhasilan pengamanan W20, menurutnya, akan menciptakan kesan yang baik bagi para delegasi maupun tamu yang hadir. Hingga saat ini sudah ada delegasi dari 14 Negara yang terkonfirmasi hadir.

“Kita semua tahu, salah satu destinasi prioritas Indonesia adalah Danau Toba, atas dasar itu W20 diadakan di kawasan tersebut, ini momentum kita untuk menunjukkan keindahan Sumut khususnya Danau Toba kepada tamu-tamu dari luar Negeri, hal ini tidak akan berhasil apabila itu tidak aman,”ujarnya.

Adapun sasaran operasi di antaranya lokasi-lokasi kegiatan dan kedatangan. Mulai dari bandara, Hotel Niagara, pelabuhan-pelabuhan di Kawasan Toba dan lainnya. Operasi ini mengedepankan tindakan preventif, deteksi, dan penegakan hukum. “Kita pastikan potensi gangguan sebelum dan sesudah kegiatan kita amankan,”sebutnya.

Baca juga:  Polda Jatim Gelar Sepeda Gembira 

Secara khusus, Edy memberikan beberapa arahan kepada pasukan apel. Pertama, agar meningkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi. Kemudian agar para anggota yang terlibat operasi tidak melakukan tindakan yang kontra produktif terhadap citra bangsa Indonesia.

“Yang perlu diutamakan adalah faktor keamanan dan keselamatan diri sendiri, delegasi dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan,”terangnya.

Turut hadir pada apel tersebut Kapolda Sumut Irjend Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjend TNI Achmad Daniel dan Forkopimda Sumut lainnya.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi berharap para pemimpin Negara dan pemerintahan menempatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai pusat diskusi global dalam jalur pemulihan ekonomi pasca covid-19, mempromosikan pembangunan berkelanjutan, dan investasi untuk pertumbuhan inklusif.

Baca juga:  Polisi Tangkap Pelaku Pungli Pedagang di Pasar Petisah 

”Pelaksanaan W20 ini dilakukan mulai tanggal 18-21 Juli, semoga berjalan dengan lancar sesuai dengan agenda kegiatan.(Bun/Akbar)