Taman Herbal Dan Holtikultura Dibangun di Humbahas

HUMBAHAS – OGEnews.Com- Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi dukungan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi untuk Taman Sains Teknologi Herbal dan Holtikultura (TSTH2) di Humbahas.

“Pembangunan ini dari awal terus didukung Pak Edy Rahmayadi, Bupati, dan jajaran di sini. Progresnya sangat bagus, saya tak terbayang progresnya sudah seperti ini,” kata Luhut saat memberi kata sambutan pada kunjungannya ke TSTH2 Humbahas, Selasa (19/7/2022).

TSTH2 akan menjadi tempat penelitian berskala internasional untuk tanaman pangan dan herbal. Diharapkan dari tempat ini muncul bibit-bibit unggul ataupun produk-produk unggul untuk memajukan pertanian Indonesia.

Dia berharap, proyek ini selesai akhir tahun depan baik tahap pertama dan kedua. “Pembangunan ini ada dua tahap, yang pertama saya harap selesai November dan tahap kedua akhir tahun depan, jadi kita bisa langsung mengoperasikannya,”ujarnya.

Baca juga:  Forkopimda Kota Binjai, Tanam Pohon Rambutan Dan Tabur Benih Ikan 10.000 Ekor Di Kolam Polres Binjai

Menurut Edy, pada tahap pertama akan dibangun gedung riset pertanian, gedung riset herbal I, Gedung smart green house, Gedung screen house dan ruang kontrol pertanian. Ada juga sarana pendukung seperti Gedung mess karyawan, gerbang dan Pos Satpam, Jalan, area parkir serta pagar keliling di lahan seluas 30 hektar (Ha)

“Baru 20% sudah seperti ini, saya juga kagum. Ini satu-satunya di Indonesia, tempat research yang paling lengkap untuk pertanian dan herbal,”sebutnya.

Dia menambahkan, hasil riset tidak hanya menargetkan pasar Nasional, tetapi juga internasional. “Bukan cuma untuk kita, tetapi juga kita targetkan hasilnya ke luar Negeri. Saya yakin bisa, karena ilmuan kita di sini jago-jago,”terangnya.

Baca juga:  3 Anggota Coba Rampok Sepeda Motor, Poldasu : Tindak tegas

Sementara itu, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor mengatakan akan memberikan dukungan penuh untuk pembangunan TSTH2. Menurutnya, ini akan memajukan pertanian di Humbahas.

“Tentu dengan adanya pusat riset di sini pertanian akan lebih maju dan berdampak pada petani kita. Selain itu, Humbahas juga akan lebih dikenal sebagai pusat pertanian,” kata Dosmar. Bun