Program Pekerja Rentan CSR Bank Sumut Diharapkan Jangan Asal Pilih

Deliserdang (OGENews.com)- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, Darwin Zein SSos secara simbolis menyerahkan kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada 10.500 pekerja rentan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sumut di Aula Cendana, Kantor Bupati Deli Serdang, belum lama ini.

Sekda mengatakan sinergitas antara Bank Sumut dan BPJS Ketenagakerjaan manfaatnya sangat berdampak bagi masyarakat Kabupaten Deli Serdang,

“Kegiatan yang dilaksanakan ini sangat luar biasa. Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Sumut dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Deli Serdang. Saat ini, ada 150 ribu pekerja rentan, namun baru 10.500 yang tersampaikan (menerima bantuan),” kata Sekda.

Baca juga:  Poldasu Belum Terima Laporan Unjukrasa

Lanjut Sekda, tidak semua bisa ditanggulangi (dijamin) Bank Sumut dan pihak BPJS. Pasalnya, setiap penerima manfaat berbeda jaminannya karena sebagai pemicu dan kedepannya dilanjutkan oleh penerima bantuan.

Sementara itu, dari 150 ribu pekerja rentan yang seyogianya mendapatkan bantuan, seperti petani dan nelayan, pedagang kaki lima, pekerja (kuli) bangunan berharap pemerintah, atapun pihak Bank Sumut jangan asal pilih atau asal memberikan perlindungan kepada para pekerja.

Hendra Barus salah satu pekerja kuli di Kecamatan Namorambe, Sabtu (30/7/2022) mengakui tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah ataupun Perbankan. Padahal, sejak lahir ia sudah menjadi warga Deli Serdang dan tinggal di Deli Serdang.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Manajemen Risiko BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut Rasidin, menjelaskan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara badan penyelenggara yaitu BPJS Ketenagakerjaan dengan Bank Sumut serta Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam rangka memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan sektor pertanian dan kelautan serta sektor-sektor lainnya. (red)