Seribuan Personel Polrestabes Medan Diterjunkan Amankan Pilkades di Deliserdang

Medan, Ogenews.com

Dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang akan berlangsung pada 18 April 2022 mendatang.

Polrestabes Medan akan menerjunkan 1103 personelnya ditambah dengan 200 personel BKO Polda Sumut. “Total perlibatan ada sebanyak 1303 personel, terdiri atas 1103 personel Polrestabes Medan dan 200 personel BKO Polda Sumut,” terang Kaporestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda melalui Kasatlantas, AKBP Sonny W Siregar usai Apel Kesiapan dan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Operasi Huta Toba Pengamanan Pilkades Gelombang l Deliserdang, Kamis (07/04/2022).

Selain personel kepolisian masih dikatakan Kasatlantas Polrestabes Medan, dalam pengamanan Pilkades Deliserdang tahun 2022 tersebut, Polrestabes Medan juga mendapat bantuan sebanyak 225 personel TNI.

Baca juga:  Wagub Sumut: Danau Toba Aman Untuk Event Dunia

Seribuan personel kepolisian ini lanjut Kasatlantas, nantinya akan disebar di sejumlah lokasi pemungutan suara di desa yang berada di 7 kecamatan di Kabupaten Deliserdang.

Adapun 7 kecamatan yang masuk wilayah Polrestabes Medan yakni Kecamatan Patumbak yang terdiri atas 8 desa, Kecamatan Delitua terdiri atas 6 desa, Kecamatan Percut Seituan terdiri atas 20 desa.

Kecamatan Pancurbatu terdiri atas 25 desa, Kecamatan Sibolangit terdiri atas 35 desa, Kecamatan Sunggal 17 desa, dan Kecamatan Kutalimbaru 14 desa.

“Dari 120 desa tersebut yang melaksanakan Pilkades Tahap I sebanyak 95 desa,” ujar AKBP Sonny W Siregar. Dari analisa kepolisian masih dikatakannnya, ada beberapa titik kerawanan saat Pilkades Deliserdang.

“Ada 10 desa (kategori sangat rawan) di empat kecamatan yakni Kecamatan Percut Seituan, Kecamatan Sibolangit, Kecamatan Sunggal dan Kecamatan Kutalimbaru yang kita anggap rawan,” imbuhnya.

Baca juga:  Peringati HBP ke- 59, Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut Ikuti Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Bukit Barisan

Oleh sebab itu, dirinya menyampaikan dengan adanya pengamanan ini, Pilkades Deliserdang dapat berjalan aman dan kondusif. “Ada beberapa hal menjadi atensi, di antaranya mapping potensi konflik dan juga deteksi dini di desa sangat rawan,” tandasnya.

Apel turut dihadiri, Dandim 02/04 DS/diwakili Pasiops Kodim, Mayor M Manalu, Asisten l Pemkab Deliserdang, Kadis PMD Deliserdang, Kadis Perhubungan Deliserdang, Kasatpol PP Deliserdang, Camat jajaran Deliserdang dan seluruh personel Polrestabes Medan.

Willyam Pasaribu