Kawasan Simpang Gonting Harian Samosir Masuk Zona Putih Kehutanan

Medan (OGENews.com). Dinas Kehutanan Provinsi Sumatra Utara menegaskan lokasi Simpang Gonting Harian dengan titik koordinat 2°33’37.2″ N, 98°39’05.7″ E adalah zona putih namun berselahan dengan zona hijau, hutan lindung.

Hal ini disampaikan, Kepala Bidang Penataan Gunaan Hutan (PTGH), Jonner Sipahutar melalui Kepala Seksi, Tuppak Siregar kepada wartawan, Jumat(3/6/2022) di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jalan Sisingamangaraja Medan.

“Kalau titik koordinat itu memang zona putih sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh UPTD Kabupaten Samosir, namun tetap bersebelahan dengan kawasan hutan lindung,” katanya.

Mengenai, upaya dari masyarakat ingin melakukan pengelolaan diakuinya tidak jadi masalah, asalkan administrasi surat permohonan dari masyarakat disampaikan berikut alas hak masyarakat yang tinggal di kawasan itu.

Baca juga:  Petugas Bandara & Poldasu Ungkap Penyeludupan Sabu di Dalam Botol Bedak Bayi 

“Tidak perlu kuatir, silahkan bersurat dan lampirkan semua alas haknya, kami dari Dinas Kehutanan akan membalasnya,” tambahnya.

Sebelumnya, masyarakat di Kecamatan Harian tepatnya di Simpang Gonting berpolemik atas posisi kawasan atau titik zona Kehutanan di Simpang Gonting Kecamatan Harian.

Beberapa elemen masyarakat menilai Simpang Jalan Gonting merupakan kawasan hutan lindung, sebagaian lagi masyarakat tetap bersikeras bahwa Simpang Gonting Harian adalah zona putih dan bisa dikelola oleh masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Samosir dan Anggota DPRD Samosir sendiri sudah berkunjung ke lokasi dan memediasi polemik tersebut. (red)